MATERI PEMBELAJARAN

MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH (2)

TEORI MASUK DAN MENYEBARNYA HINDU- BUDDHA KE INDONESIA

          Seiring dengan berakhirnya masa pra aksara pada abad ke 4, maka dimulailah perkembangan agama Hindu Buddha di Indonesia. Berbagai teori sebagai dasar dalam mempelajari perkembangan masuknya pengaruh hindu buddha di Indonesia antara lain adalah:
1. TEORI BRAHMANA
2. TEORI WAISYA
3. TEORI KSATRIA
4. TEORI SUDRA
5. TEORI ARUS BALIK


1. TEORI BRAHMANA



        Menurut J.C. Van Leur penyebaran agama dan budaya Hindu ke Indonesia dilakukan oleh kaum brahmana. Hal ini berdasarkan bahwa hanya brahmana yang berhak mempelajari dan menguasai isi kandungan kitab Weda. Diperkirakan para brahmana ini datang ke Indonesia untuk melakukan upacara khusus untuk menghindukan seseorang (upacara Vratyastoma). Sedangkan kelemahannya adalah dalam tradisi agama Hindu ada pantangan bagi kaum brahmana untuk menyeberangi laut sehingga tidak mungkin brahmana mengarungi lautan dati India menuju Indonesia.


2. TEORI WAISYA


        Hubungan baik yang terjalin antara India dan Indonesia pada awalnya melalui jalur perdagangan. Para pedagang India melakukan perdagangan dengan bangsa Indonesia melalui jalur laut. Karena mereka tergantung pada musim untuk pelayaran maka terjadilah interaksi dengan penduduk pribumi pada saat menanti pergantian musim supaya dapat kembali ke India. Selama mereka menetap di pinggir pantai ada diantara mereka yang melakukan perkawinan sehingga menyebarlah kebudayaan India di Indonesia. Teori ini juga mempunyai kelemahan diantaranya adalah para pedagang tidak menguasai ajaran agama Hindu dan ternyata persebaran kerajaan hindu berada di pedalaman tidak ditepi pantai.

3. TEORI KSATRIA



4. TEORI SUDRA




Teori ini menyatakan bahwa orang- orang India yang berkasta sudra datang ke Indonesia untuk mengubah kehidupannya. Tetapi teori ini tidak mempunyai bukti yang kuat.

5. TEORI ARUS BALIK
        Teori ini menyatakan bahwa persebaran agama Hindu diIndonesia adalah adanya interaksi aktif dari bangsa Indonesia sendiri. Keaktifan ini ditunjukkan dengan banyaknya bangsa Indonesia yang mendalami agama Hindu pergi ke India, kemudian menyebarkannya kembali ke Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan peninggalan dan budaya Hindu yang memiliki corak dan karakter budaya Indonesia.








Komentar

Postingan Populer