Sejarah singkat SMAN 1 Singosari

     Sekilas teringat perjalanan awal sekolah dimana aku sekarang mengajar. Sekolah yang kini berada di tengah ladang tebu di desa Banjararum ini mengalami berbagai perjalanan yang panjang dan berliku pada awal keberadaannya. Waktu itu tahun ajaran baru tahun 2003, tahun ini selalu kuingat karena di tahun yang sama aku wisuda dari Universitas Negeri Malang, pada akhir Juli 2003 dimulailah debut pertama Smanesi sebagai sekolah menengah atas yang pertama di kecamatan Singosari. Sebelumnya semua lulusan dari sekolah menengah pertama yang berada di kecamata Singosari yang ingin sekolah di sekolah negeri harus meneruskan SMA ke wilayah kota Malang atau di kecamatan Lawang yang mempunyai SMAN Lawang yang berdiri sejak tahun 1977.

                           



                    Guru dan karyawan setelah pindah sekolah di desa Banjararum


       
SMA Negeri 1 Singosari hari ini.

                                                 

     Pada awal berdirinya Smanesi angkatan pertama berjumlah 3 ruang kelas yang terdiri dari 1 jurusan ipa dan 2 jurusan ips. Guru pengajar yang pertama ada berjumlah 18 orang dengan 2 orang PNS dan sisanya adalah guru tidak tetap termasuk saya. Setahun lamanya smanesi berbagi gedung dengan SMAN Lawang, pada waktu itu smanesi masuk siang jam 13.00 menunggu siswa SMA Lawang pulang,jam pulang sekolahnya sekitar jam 17.45. Selama setahun tersebut gedung baru masih dalam tahap pembangunan gedung yang terdiri dari ruang kelas berjumlah 3,kantor guru dan kepala sekolah, perpustakaan dan kamar mandi.
     Pada akhir tahun pertama tersebut pindahlah kami ke gedung baru yang sampai sekarang telah mengalami banyak perubahan dan perkembangan. Keadaan pada awal pindahan gedung baru sangat berat, setiap hari setiap siswa harus membawa air dari rumah yang disimpan pada botol mineral untuk persiapan kalau ingin ke kamar mandi. Usaha sekolah untuk mendapatkan air bersih setiap hari adalah dengan menampung air hujan pada musim penghujan pada kolam buatan. Tahap selanjutnya perjuangan mendapatkan air bersih adalah membeli air bersih setiap hari sebanyak 4-5 tong besar yang diangkut pick up menuju ke sekolah. (bersambung) 

Komentar

  1. Artikel terkait sejarah smanesi sudah baik. Alangkah lebih baik jika sejarah smanesi hingga kini dapat ditampilkan sehingga banyak orang tahu smanesi tempo dulu dan sekarang.

    BalasHapus
  2. Sejarah singkat tentang SMAN 1 Singosari sangat mengharukan dan membuat kita merasa kembali ke zaman itu.

    BalasHapus
  3. Sejarahnya keren. Saya jadi tau kalau dulu smanesi seperti itu

    BalasHapus
  4. Sejarah nya bagus. Kita dapat mengetahui smanesi tempo dulu👍

    BalasHapus
  5. Bagus ini. Jadi tau Smanesi tempo dulu. Jadi patutlah bersyukur dengan keadaan yang sekarang. Semangat terus untuk murid-muridnya. Sehat selalu untuk guru-gurunya.

    BalasHapus
  6. Saya adalah angkatan pertama dsana banyak sekali kenangan indah dan haru. .. Jaya terus smanesi

    BalasHapus
  7. Jadi kangen dengan rekan guru yang hebat dan siswaku yang luar biasa gigihnya..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer